Meski Minim Persiapan, MA Amtsilati Bangsri Panen Prestasi

Oleh :

Ahmad Abdul Wahab, S.Pd.

 

Prestasi menjanjikan ditorehkan MA Amtsilati Bangsri pada Pekan Olahraga dan Seni Maarif (Porsema) XII tingkat MA/SMK/SMA Kabupaten Jepara pada tanggal 12-13 November 2022. Tercatat  13 medali berhasil dibawa pulang dalam kompetisi antar sekolah yang berlangsung di MA Miftahul Huda Bulungan ini.

Kepala MA Amtsilati Bangsri, Najib Habibi, mengaku kaget dengan raihan tersebut. Sebab jumlah medali yang diperoleh naik drastis dibanding raihan medali di edisi Porsema terakhir sebelum pandemi terjadi. “Diluar ekspektasi. Sebenarnya kami tidak menargetkan apa-apa. Porsema terakhir hanya dapat 2 medali tapi sekarang malah masuk 7 besar. Alhamdulillah”, katanya Selasa (15/11/2022).

Lebih lanjut, Najib tidak memungkiri jika minim persiapan menjadi hambatan untuk berbicara banyak dalam ajang tahunan tersebut. Kepala Madrasah kelahiran 1994 ini menambahkan jika tidak semua lomba bisa diikuti karena berbagai hal. “Pesiapan kurang karena berdekatan dengan jadwal kepulangan santri jadi tidak bisa maksimal”, katanya.

Atas pencaian tersebut, Najib akan menyusun rencana berjangka demi meningkatkan prestasi baik akademik maupun non akademik santri disekolahnya. “Nantinya per guru harus ada minimal 3 kader disetiap bidang. Dengan begitu, ada atau tidak ada lomba semua siap bertanding”, jelasnya.

Adapun 16 dari 21 cabang lomba yang diikuti 1358 siswa dari 55 lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU Jepara tersebut, MA Amtsilati Bangsri berhasil meraih juara 1 pada lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Putra.

Sedangkan peringkat 2 diperoleh melalui: MTQ Putri, Puisi Islam Putra, Kaligrafi Putra, Debat Bahasa Arab, Tolak Peluru Putra dan lompat jauh Putra.

Kemudian juara 3 Qasidah Putra dan Sepak Takraw. Sementara Puisi Islami dan Lari Maraton mendapat juara harapan 1. Terakhir, ada juara harapan 1 dan 2 pada cabang Qasidah Putri dan Catur Putra.

Dengan hasil tersebut, lembaga pendidikan dibawah naungan Pondok Pesantren Darul Falah ini berhak maju mewakili Kabupaten Jepara di Porsema  Jawa Tengah mendatang. Adalah Muhammad Abdul Hakam, pemenang lomba MTQ Putra manjadi satu-satunya santri yang akan mengikuti kompetisi tersebut.  “Siap 100 persen. Terpenting ada yang bimbing”, ungkapnya.

Hakam menyambut antusias peluang tersebut mengingat ada keinginan lebih dimasa depan. Menurutnya dengan ikut berkompetisi di tingkat lebih tinggi akan memberikan tantangan sekaligus pengalaman baru. "Semoga bisa go internasional. Langkah demi langkah", pungkas santri kelas XI-2 yang juga mengidolai Qori Internasional, Salman Jiharkah.

Komentar

Semoga semakin jaya

Komentari Tulisan Ini